Cara Mengurus Cek Fisik Bantuan (untuk Perpanjangan STNK Maupun Balik Nama) - JAGAD INFORMASI ANDA

JAGAD INFORMASI ANDA

Sharing Tips dan Informasi Tentang Kehidupan Sehari-hari

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Jumat, 10 April 2020

Cara Mengurus Cek Fisik Bantuan (untuk Perpanjangan STNK Maupun Balik Nama)


Cek fisik kendaraan (atau yang umum diistilahkan gesek nomor mesin dan nomor rangka) diperlukan ketika ingin mengurus perpanjangan STNK (ganti plat nomor) dan jika ingin balik nama pemilik kendaraan.
Nah, cek fisik bantuan adalah ketika kendaraan yang ingin dicek tersebut berada di luar kota, sehingga kerepotan jika harus dicek di wilayah kendaraan tersebut terdaftar.
Simak caranya adalah sebagai berikut.
Siapkan berkas-berkas:
1.       STNK asli
2.       BPKB asli
3.       KTP yang sesuai dengan nama identitas di STNK
Tiga item tersebut difotokopi rangkap dua.
Bawa berkas tersebut (beserta kendaraannya off course) ke kantor SAMSAT terdekat. Namun pengalaman saya di SAMSAT Bantul, ternyata cek fisik untuk kendaraan dari luar daerah Bantul dilaksanakan di Polres Bantul.
Sesampai di kantor tersebut, segera ke loket Cek Fisik. Utarakan ke petugas kalau Anda ingin cek fisik bantuan. Anda akan diberi berkas cek fisik, yang di situ perlu diisi identitas kendaraan dan identitas pemilik sesuai berkas Anda yang ada. Disertai pula dua lembar stiker khusus, yang berguna untuk gesek nomor mesin dan nomor rangka. Ikutilah antrian yang ada, biasanya untuk cek fisik dari luar daerah tidak terlalu banyak antrian. Cek fisik ini sendiri gratis layanannya.
Selesai digesek, bawa berkas ke loket Cek Fisik untuk dicap pengesahan oleh petugas. Rampung disahkan, berarti proses cek fisik sudah selesai. Anda tinggal mengirim berkas-berkas tersebut ke saudara atau teman yang mau menguruskan di wilayah tempat kendaraan terdaftar.



1 komentar:

Silakan mengisi komentar di sini, terimakasih...

Post Top Ad