Tips Berwisata Melalui Penyeberangan Laut - JAGAD INFORMASI ANDA

JAGAD INFORMASI ANDA

Sharing Tips dan Informasi Tentang Kehidupan Sehari-hari

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Kamis, 30 April 2020

Tips Berwisata Melalui Penyeberangan Laut



Berwisata di Nusantara seakan tak habis keasyikannya. Ada ribuan destinasi wisata, yang tersebar di berbagai kepulauan di Indonesia. Bagi Anda yang lebih demen menggunakan kendaraan pribadi untuk berpelancong, ada baiknya mengetahui bagaimana cara menggunakan kapal penyeberangan. Destinasi wisata seperti Bali, Lombok, dan Nusa Tenggara bisa dicapai dengan kendaraan darat, tentunya dengan berperantaraan kapal yang menyeberangi laut atau selat.

Tips pertama, tentunya persiapkan kendaraan supaya mampu melakukan perjalanan jarak jauh. Perawatan rutin perlu dilakukan, terutama bagian mesin. Ganti oli, tune up ringan, dan cek kondisi aki adalah hal yang vital. Kondisi ban, rem, dan kaki-kaki juga perlu inspeksi lebih. Hal ini karena medan yang akan dilalui tidak melulu jalan tol yang mulus, melainkan akan menjumpai jalan yang berat atau rusak.

Pengecekan kenyamanan kendaraan juga wajib. Cek kondisi AC, agar perjalanan Anda bisa nyaman tanpa gangguan.

Selanjutnya, berkaitan dengan penyeberangan, Anda perlu menyiapkan kartu e-money yang terisi saldo mencukupi, lantaran hampir semua pelabuhan menggunakan pembayaran non tunai. Menurut pengalaman redaksi, kartu e-money yang lazim dipakai adalah yang diterbitkan oleh BRI dan BNI.

Jika Anda belum memilikinya, di terminal penyeberangan biasanya disediakan booth yang melayani penjualan kartu e-money tersebut.

Berikutnya, persiapan fisik juga harus prima. Kadangkala, antrian di terminal penyeberangan untuk memasuki kapal membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apalagi jika Anda bepergian pada musim libur, dan melalui jalur yang ramai wisatawan, seperti penyeberangan Banyuwangi-Bali dan Bali-Lombok.

Ketika antrian Anda sudah tiba untuk memasuki kapal, usahakan menjalankan kendaraan secara pelan saja. Ikuti arahan petugas, agar kendaraan Anda bisa masuk ke kapal dengan lancar tanpa kendala. Dalam kondisi laut pasang atau ombak besar, kadangkala kapal akan tidak stabil posisinya, sehingga perlu kehati-hatian agar tidak terjadi masalah. Ramp atau tanjakan menuju ke kapal juga perlu diwaspadai, terutama bagi mobil yang berground clearance rendah.

Selanjutnya, Anda perlu berhati-hati saat proses parkir di dalam kapal. Petugas akan memandu agar posisi kendaraan bisa semepet mungkin dengan kendaraan lainnya supaya ruang kapal bisa maksimal pemakaiannnya. Jangan lupa mengaktifkan rem tangan, bawa barang berharga dari dalam mobil, dan kuncilah kendaraan Anda. Dalam perjalanan kapal, Anda tidak dibolehkan berada di dalam kendaraan, sehingga semua orang wajib menuju ruang penumpang yang telah disediakan.

Jangan lupa untuk menyiapkan juga makanan dan minuman seperlunya. Persiapkan juga obat anti mabuk jika Anda tidak tahan dengan ombak lautan. Hal ini penting terutama dalam perjalanan penyeberangan yang membutuhkan waktu beberapa jam, seperti lintasan Bali menuju Lombok. Dengan membawa bekal sendiri, Anda tidak perlu repot bolak-balik ke kafetaria, yang harganya pun bisa dua kali lipat dari harga di darat.

Jika semua telah dipersiapkan dengan matang, tentunya perjalanan lintas pulau dengan kendaraan sendiri akan menjadi nyaman, menyenangkan, dan berkesan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan mengisi komentar di sini, terimakasih...

Post Top Ad